Dalam Frankenstein, buku klasik karya Mary Shelley yang terbit tahun 1818, Victor Frankenstein mengumpulkan potongan-potongan mayat dan menjahitnya menjadi tubuh yang utuh. Menggunakan aliran listrik, Frankenstein berhasil menciptakan kehidupan meski kemudian menyesalinya.

Dalam kehidupan nyata, manusia memang tak henti-hentinya mencari jawaban, apakah kehidupan ini ada karena suatu kuasa atau semata-mata proses alam?

Ada berbagai teori dan percobaan menyangkut asal-usul kehidupan. Dalam buku The Grand Design(2010), fisikawan Stephen Hawking bersama Leonard Mlodinow menjelaskan tentang penciptaan ini. Menurut mereka, ”Tata surya dapat membentuk dirinya sendiri karena ada hukum alam, seperti gravitasi. Maka, penciptaan spontan adalah sumber adanya ’sesuatu’ dan bukan kehampaan, adanya alam semesta dan adanya kita.”

Sebelum itu, para ahli biokimia sudah merumuskan berbagai teori dan menguji coba di laboratorium. Salah satu yang fenomenal adalah uji laboratorium yang dilakukan Stanley Miller, kandidat doktor di University of Chicago, Amerika Serikat, tahun 1953.

Miller mereproduksi kondisi atmosfer purba dengan hidrogen, air, metana, dan amonia dalam bejana dan memanasinya. Dalam seminggu ia menemukan endapan senyawa organik penyusun kehidupan: asam amino.

Ragam asam amino itu—glisin, alanin, aspartik, dan glutamik—adalah unsur dasar pembentuk protein, penyusun struktur sel, dan berperan penting dalam reaksi biokimia yang dibutuhkan kehidupan.

Bukti baru

Pekan lalu, Lembaga Aeronautika dan Antariksa AS (NASA) memublikasikan hasil pengujian terhadap bahan penelitian Miller. Bahan ini, dengan alasan yang tidak pernah diketahui, tidak pernah dicoba sampai Miller meninggal tahun 2007.

Bahan ini mengandung hidrogen sulfida (H2S) yang belum pernah digunakan sebelumnya. ”Hidrogen sulfida berfungsi menstimulasi kondisi awal atmosfer kita,” kata Eric Parker dari Georgia Institute of Technology, Atlanta, dalam situs resmi NASA.

Parker adalah penulis utama laporan ilmiah tersebut dalam The Proceedings of the National Academy of Sciences.

”Sungguh mengagetkan, dengan menggunakan H2S, asam amino yang dihasilkan jauh lebih kaya dibandingkan penelitian-penelitian sebelumnya,” ujar Profesor Jeffrey Bada dari Scripps Institution of Oceanography, University of California. Ia berpartisipasi dalam penelitian ini.

Total diperoleh 22 jenis asam amino dan 10 jenis di antaranya belum pernah ditemukan dalam percobaan serupa. Salah satu dari asam amino tersebut, metionin, berperan besar dalam kode genetik. ”Metionin menginformasikan pada sel untuk menerjemahkan suatu desain menjadi protein,” kata Dr James Cleaves dari Carnegie Institution of Washington, anggota tim peneliti.

Kesimpulannya, penelitian menunjukkan peran gunung berapi pada pembentukan senyawa organik awal. Seperti diketahui, gunung berapi adalah sumber sulfur yang berlimpah. Kilat cahaya yang muncul saat gunung meletus, seperti aliran listrik yang membangkitkan kehidupan. Dengan demikian, kawasan gunung berapi bisa jadi menjadi lokasi awal mula kehidupan karena merupakan daerah yang kaya senyawa organik, baik jenis maupun jumlahnya.

Penelitian lebih lanjut pada meteorit— partikel antariksa yang tidak habis terbakar di atmosfer dan jatuh ke Bumi—menunjukkan bahwa selain kaya unsur karbon, meteorit juga mengandung beragam asam amino. Maka, bisa jadi molekul penting yang berperan dalam kehidupan berasal dari antariksa dan mempercepat munculnya kehidupan karena bahan bakunya sudah siap bersenyawa.

”Kami menemukan bahwa tipe asam amino yang dihasilkan dengan menambahkan H2S ternyata hampir sama dengan asam amino pada meteorit yang kaya karbon,” tutur D Jason Dworkin dari NASA Goddard yang memimpin Laboratorium Astrochemistry NASA.

Awal mula

Meski demikian, kerja Miller tak lepas dari teori-teori yang dihasilkan para ahli biokimia sebelumnya. Menurut John Haldane dari Inggris tahun 1929, atmosfer pada zaman Bumi purba tidak memiliki oksigen bebas.

Kemudian Haldane dan Aleksander Oparin dari Soviet menyatakan, ”Semua bahan baku kehidupan sudah ada di Bumi sejak awal mula, demikian juga dengan energi dari Matahari dan proses yang belum diketahui, tapi memicu munculnya kehidupan.”

Di Amerika, tahun 1952, ahli biokimia Harold C Urey mengelaborasi teori Haldane dan Oparin dengan menyebutkan unsur-unsur yang ada sejak terbentuknya semesta, yaitu hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon. Inilah yang kemudian membentuk air, amonia, dan metana sebagai unsur dasar pembentuk kehidupan.

Adalah Stanley Miller yang kemudian mengombinasikan ide Haldane, Oparin, dan Urey dalam percobaannya. Selain menemukan senyawa organik penyusun kehidupan, percobaan Miller juga membuktikan betapa mudah asam amino terbentuk.

Pada tahun yang sama, 1953, penemuan struktur DNA—deoxyribonucleic acid yang membawa kode genetik—semakin membuktikan besarnya peran senyawa organik dasar menyusun kehidupan. Penemuan DNA juga membuka pemahaman terhadap beberapa senyawa, di antaranya asam nukleid, yang bisa bereplikasi dan mewariskan kehidupan.

Semua penelitian di atas mengarah pada pembentukan asam amino sebagai langkah awal evolusi. Akan tetapi, betulkah semua ini proses alam semata seperti yang dipercaya Hawking dan Mlodinow, ataukah ada kehendak Yang Kuasa?

Sumber

Read More

Merayakan 50 tahun penerbangan Yuri Gagarin ke antariksa, First Orbit membuat sebuah film yang menggambarkan pemandangan bumi yang dilihat Gagarin selama misinya. Film yang diputar perdana pada 12 April 2011 itu kini bisa diunduh di situs First Orbit.

Ide pembuatan film itu sederhana. Christopher Riley, pembuat film itu, mengatakan, salah satu pertanyaan yang ada di benak orang setelah misi Gagarin adalah, "bagaimana rupa bumi dari antariksa?" Riley mengatakan, "Saya berandai jika kita bisa membuat film tentang apa yang dilihat Gagarin 50 tahun lalu."

Pengambilan gambar untuk film dilakukan dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS). Karena itu, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya, ISS yang mengorbit bumi setiap 90 menit tak selalu melewati jalur yang sama dengan misi Gagarin 50 tahun lalu.

Untuk mengatasinya, Badan Antariksa Eropa (ESA) mempertemukan Riley dengan pakar mekanik orbit asal Jerman, Gerald Ziegler. Berdasarkan perhitungan Zigler, diketahui kemudian bahwa ISS menutupi permukaan yang sama dengan misi Gagarin sekali dalam seminggu.

Namun, rupanya tantangannya lebih besar. Pembuat film harus merekam pada waktu yang sama seperti misi Gagarin. Selain itu juga harus melewati wilayah yang dilalui Gagarin dalam misinya. Perhitungan lanjut menunjukkan bahwa kesempatan hanya dimiliki setiap enam minggu.

Pembuatan film juga harus menyesuaikan dengan jadwal para astronot di ISS. Para astronot sudah sibuk melakukan eksperimen, observasi bumi, maupun aktivitas lainnya seperti tidur, olahraga, dan makan. Jadwal pembuatan film akan menambah kesibukan.

Namun akhirnya, pembuatan film ini terlaksana. Setelah tes pengambilan gambar sejak November 2010, astronot NASA, Doug Wheelock; astronom ESA, Paolo Nespoli, serta Roland Luttgens dan Giovanni Gravili terlibat dalam pembuatan film itu. Nespoli mengambil paling banyak gambar.

Film cukup berhasil menggambarkan apa yang dilihat Gagarin, di antaranya adanya awan yang menutupi bumi. Ada pula pemandangan Gurun Sahara yang berwarna merah beserta Sungai Nil dan dataran Timur Tengah yang pasti dilihat Gagarin sebelum mendarat.

Saat Paolo berupaya mengambil gambar akhir misi Gagarin, kamera yang digunakan tiba-tiba tak fokus sehingga bumi tampak kabur. Ilusi ini justru bisa menggambarkan situasi saat Vostok 1 memasuki kembali ke bumi mengakhiri misinya. "Itu gambar yang sempurna untuk akhir film," kata Chris.

Beberapa kekurangan memang terdapat pada gambar, misalnya lokasi pendaratan yang digambarkan dalam film sedikit lebih ke timur dari tempat pendaratan Gagarin. Gambar juga tidak diambil pada ketinggian yang sama sebab perbedaan ketinggian ISS dengan Vostok 1 saat itu.

Namun, film ini tetap menarik untuk disaksikan. Citra bulan sabit ditambahkan pada film ini, memenuhi harapan Gagarin yang sebenarnya ingin melihat bulan dalam misinya, tetapi tak bisa. Selain bisa diunduh di First Orbit, film ini juga bisa disaksikan lewat Youtube.

Sumber


Read More

Angry Bird adalah game yang bertema puzzle yang dikembangkan ole Rovio Mobile. Terinspirasi dari sketsa burung tanpa sayap. Game pertama dirilis untuk Apple pada Desember 2009 lalu. Sejak saat itu lebih dari 12 juta kopi permainan terjual dari aplikasi toko Apple, yang mana telah disetujui perusahaan untuk dikembangkan ke versi yang baru untuk Hp ponsel pintar, dan Android

Dalam permainannya,pemain menggunakan tembakan untuk meluncurkan burung ke sasaran dalam hal ini babi dengan macam macam jenis, dengan tujuan menghancurkan semua babi yang ada dalam permainan. Sebagai pemain harus memenangkan beberapa permainan, maka karakter burung baru akan meluncur, beberapa burung memiliki kemampuan yang berbeda beda yang dapat diaktifkan oleh pemain sendiri. Rovio mobile telah mendukung angry birds dengan beberapa versi tambahan terbaru meliputi penamabahan konten permainan. Permainan ini telah dipublikasikan dalam even tertentu.

Mikael Hed Suksesor Angry Bird


Dalam setiap tingkatan, si Babi akan berlindung dengan membuat bangunan dari batu, kayu,dan sebagainya.Objek tersebut itulah yang digunakan pemain untuk melenyapkan kawanan babi tersebut. Pemain menggunakan ketapel batu di mana pemain yang meluncurkan burung dengan tujuan sasaran pada babi atau merusak bangunan yang bisa menyebabkan si babi terlindas/terkena robohan bangunan. Dalam variasi tempat permainan, beerapa tambahan benda seperti batu,peti kayu yang mungkin digunakan untuk kombo dari burung untuk sampai ke target musuh


Karakter di Angry Bird
Ada beberapa tipe burung yang dapat digunakan dalam permainan.
Di level awal, ada burung yang biasa digunakan yaitu yang pertama burung berwarna merah. Burung ini meski dianggap lemah tapi sering dianggap pemimpin dan maskot game ini. Dalam permainan burung ini hanya efektif pada kayu dan sedikit pada kaca dan salju.

Julukan Default Bird, Main Bird, Cardinal Bird
Kekuatan: Normal
Ukuran : Kecil
Rahasia :tekan layar saat terbang untuk mengluarkan suara caw caw






Kedua, burung berwarna biru ini muncul pada tema1-10. Burung ini memiliki keunikan yaitu bisa membelah diri menjadi 3. Tipe ini lebih efektif dibandingkan burung merah meskipun kekuatannya lebih kecil.
Julukan :Triple Bird, Glass Jaw
Kekuatan: Sangat lemah-membelah diri
Ukuran : sangat kecil
Rahasia :tekan layar saat terbang untuk membelah diri menjadi 3 burung, ampuh menghancurkan kaca


Yang ketiga adalah burung kuning. Burung ini hadir pada tema 1. Bentuk burung ini segitiga, sering disebut juga bentuk burung paling aerodinamis meski diakui jika yang paling aerodinamis itu bulat.

Julukan :Speedy Bird, Maching Bird, Dasher Bird
Kekuatan: normal-Cepat
Ukuran : Sedang
Rahasia :tekan layar saat terbang untuk ngebut jalan lurus, ampuh menghancurkan kayu.

Keempat burung hitam. Dibandingkan semua burung yang ada, inilah burung yang paling kuat menghancurkan struktur bangunan, bahkan batu. Kekuatan masih ditambah dengan kekuatan meledakkan diri dengan efek radius dekat dan getaran.

Julukan :Kamikaze Bird, Suicide Bird, Bomb Bird
Kekuatan: Kuat-meledak
Ukuran : Besar
Rahasia :tekan layar saat terbang untuk meledakkan










Yang ke -5 adalah burung putih. Berbeda dengan burung hitam, burung ternyata sangat lemah jika digunakan untuk menabrak struktur. Kekuatan hampir sama dengan burung merah, tetapi kekuatan utamanya terletak pada bom yang dijatuhkan.

Julukan :Egg beater, flying chicken, angry bomber
Kekuatan:sangat lemah-bom
Ukuran : besar
Rahasia :tekan layar saat terbang untuk menjatuhkan bom






Yang ke-6 burung yang paling unik dalam cara terbangnya. Awal peluncurannya burung hijau ini akan meluncur dengan paruh tertutup secara pelan, namun setelah diklik paruh terbuka maka terbangnya semakin cepat. Efektifnya pada balok dan kayu meski tidak terlalu pada batu



















Julukan :Boomerang Bird, Para peak, back stabler
Kekuatan: normal-berputar balik
Ukuran : sedang
Rahasia :tekan layar saat terbang agar kembali

Ketujuh, burung merah berukuran besar ini merupakan saudara dari burung merah(lihat no 1). Burung ini memiliki keunggulan besar dari badannya. kekuatan penghancurnya lebih besar dari burng hitam. Pertama kali diperkenalkan pada theme 9-1. Burung ini memiliki kelemahan jika diadukan dengan balok yang bersebelahan.




Julukan :Big Brother Bird, Very Angry Bird
Kekuatan: sangat kuat-normal
Ukuran : sangat besar
Rahasia : tekan layar untuk mengeluarkan suara caw caw












Ke-8 ini yang paling ditunggu tunggu. Untuk level yang belum usai burung ini akan muncul tiap 60 menit. tapi untuk level yang sudah bisa digunakan kapan saja. Burung ini jika dimainkan, tidak akan ada bintang atau skor.Gantinya level kehancuran yang ditimbulkan (skala 10100%). Pengganti tiga bintanguntik penggunaan mighty eagle adalah bulu burung dengan arti total destruction untuk skala 1-100%. Meski besar dan kuat, tetapi burung ini tidak ramah. Saat 7 burung terjepit,ketujuh burung standar akan meminta bantuan mighty eagle.


Julukan :The destructor, The one, Earthquake Bird
Kekuatan: sangat kuat-gempa bumi
Ukuran : seper besar
Rahasia :untuk memancingnya, burung merah menyodorkan ikan sarden; setelah diluncurkan dan hancur akan terlihat bulu berwarna putih



Terakhir adalah kawanan babi hijau. inilah alasan yang membuat para burung marah karena mereka sangat licik. Tak hanya mencuri telur, tetapi sebagai orang tua mereka berusaha mendapatkan telur itu kembali. Para babi juga memanggil saudaranya yang bervariasi dan jauh lebih kuat. contoh yang kecil gampang hancur, yang lebih besar lebih kuat dalam pertahanan, dan babi yang memiliki jubah memiliki perlindungan terhadap serangan tertentu, babi dengan mahkota di atasnya memiliki daya hancur yang besar.


Julukan :Small, medium ,large, Armored, Mustache, King
Kekuatan: bervariasi
Ukuran : bervariasiRahasia :tak perlu dihajar langsung, jika terjatuh atau tertimpa reruntuhan akan hancur





Berikut adalah kesukaan para gamer terhadap karakter angry birds

































Read More
Kurang dari sebulan setelah meluncurkan Internet Explorer 9 (IE9) yang digembar gemborkan sukses, Microsoft kini memperkenalkan IE10. Ajang konferensi developer Mix11 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), dimanfaatkan Microsoft untuk memamerkan IE10 pertama kalinya. Dilansir Mashable, Rabu (13/4/2011), preview IE10 yang sudah tersedia untuk diunduh itu merupakan kelanjutan dari pekerjaan yang dilakukan Microsoft dalam hal akselerasi hardware, HTML5 dan CSS3. "IE10 dibangun pada akselerasi hardware penuh dan melanjutkan fokus kami pada site-ready web-standards," kata Corporate Vice President IE Dean Hachamovitch.

"Kombinasi ini memungkinkan para developer menghadirkan performa terbaik untuk konsumen Windows mereka sewaktu menggunakan markup standar web yang sama di seluruh browser," tambahnya.
Hachamovitch menyebutkan, Microsoft hanya perlu waktu tiga pekan untuk mengembangkan IE10.

Pada konferensi Mix11 itu, dia mendemonstrasikan beberapa kemampuan IE10 dan menyebutkan bahwa browser itu dilengkapi tambahan dukungan CSS3, termasuk Gradients dan layout Flexible Box. Preview tambahan IE10 akan dirilis setiap delapan hingga 12 minggu sekali.



Sumber
Read More
Sistem Berkas adalah suatu sistem untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan. Sistem berkas menyediakan pendukung yang memungkinkan programmer mengakses file tanpa menyangkut perincian karakteristik penyimpanan dan peralatan pewaktu. Sistem berkas mengubah pernyataan akses file menjadi instruksi input/output level rendah. Sistem akses adalah cara untuk mengambil informasi dari suatu file.

Pengarsipan dan akses adalah :
  • Cara untuk membentuk suatu arsip/file dan cara pencarian record-recordnya kembali.
  • Sistem berkas dan akses adalah sistem pengorganisasian, pengelolaan dan penyimpanan data pada alat eksternal dengan organisasi file tertentu. Pada sistem berkas dan akses penyimpanan data dilakukan secara fisik.
  • Teknik yang digunakan untuk menggambarkan dan menyimpan record pada file disebut organisasi file.

Ada 4 komponen sistem berkas :
  • Disk management, menjelaskan bagaimana seharusnya menyusun blok-blok disk ke dalam file.
  • Naming, berguna bagi pemakai yang memungkinkan untuk menunjuk file dengan penamaan yaitu dengan mengenali blok-blok disk.
  • Protection, adalah suatu cara untuk memproteksi pemakai-pemakai file dari pemakai lain.
  • Reliability, adalah file–file yang diperlukan ada tersedia jika terjadi kerusakan sistem.

Setiap sistem operasi mempunyai file sistem tersendiri. Contohnya FAT 32 pada Window 9x, NTFS pada Windows NT dan Windows XP. FAT 16 pada MS-DOS. Ext2,Ext3 dan Reiser pada Linux. Masing – masing file sistem mempuyai metode yang berbeda dalam pengaksesesan, pengorganisasian dan pengeloaan pada disk.

Berikut adalah struktur file :
  • Byte sequence, adalah rankaian byte yang tidak terstruktur (UNIX dan MS-DOS).
  • Record sequence adalah file dirangkai dalam record yang tertentu panjangnya dengan beberapa struktur.
  • Tree,masing-masing file tidak sama panjangnya serta memiliki key filed pada record.
Jenis-jenis berkas pada UNIX dan MS-DOS antara lain :
  • Regular file. Berisi informasi bagi pemakai (byte,record dan tree).
  • ASCII file. Berisi baris teks, diakhiri dengan karakter “carriage return”.
  • Binary file. Urutan bilangan biner yang terdiri dari bit 1 dan 0.
  • Directories. Sistem file yang berisi informasi tentang file yagn berada dalam direktori tersebut.
  • Character spesial file. Berhubungan degan I/O model serial (printer, terminal, network).
  • Blok spesial file. Untuk pemodelan disk.
  • Executable file. File yang siap untuk menjalankan suatu proses, mis file *.EXE, *.BAT.
Sasaran dari sistem manajemen berkas, yaitu :
  • Untuk memenuhi kebutuhan manajemen data bagi pemakai, termasuk oenyimpanan data dan kemampuan melakukan operasi berkas.
  • Untuk menjamin data pada file adalah valid.
  • Untuk optimasi kerja.
  • Untuk menyediakan dukungan I/O beragam tipe peralatan penyimpanan.
  • Untuk meminimalkan potensi kehilangan atau kerusakan data.
  • Untuk menyediakan sekumpulan rutin interface I/O.
  • Untuk menyediakan dukungan I/O untuk sistem multiuser.
Fungsi manajemen berkas, beberapa fungsi manejemen berkas antara lain :
  1. Pemakai dapat menciptakan, memodifikasi dan menghapus file.
  2. Pemakai dapat memakai bersama berkas secara terkendali.
  3. Mekanisme pemakaian file secara bersama yaitu dengan menyediakan beragam access control file seperti read-only, write dan execute.
  4. Pemakai dapat menstrukturkan file.
  5. Pemakai dapat melakukan transfer informasi antar file.
  6. Kemampuan backup dan recovery harus disediakan untuk mencegah kehilangan data.
  7. Pemakai mengacu file dengan nama simbolik, bukn mengacu pada peralatan fisik.
  8. Untuk penyimpanan data yang rahasia secara aman.
  9. Menyediakan interface user-friendly.
  10. Mengenali dan mengalokasikan satu file yang di pilih.
  11. Menggunakan satu directory untuk menggambar lokasi semua file ditambah atributnya.
  12. Blocking untuk mengakses file.
  13. Pengalokasian file-file untuk blok-blok bebas.
  14. Mengelola penyimpanan bebas untuk menyediakan blok-blok.
Read More
Perbandingan Magnetic Disk dan Optical Disk

MAGNETIK DISK

Magnetik disk sendiri terbuah dari piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic sehingga nanti bisa menghasilkan semacam medan magnet yang sangat diperlukan untuk proses baca tulis dari memory tersebut karena saat proses baca/ tulis menggunakan kepala baca yang disebut dengan head.

Perkembangan Magnetic Disk :

  1. Punch Card
  2. Punch Tape
  3. Selectron Tube
  4. Magnetic Tape
  5. Compact Cassette
  6. Magnetic Drum
  7. Floppy Disk
  8. Hard drive

Keunggulan dan Kelemahan Magnetic Disk :

Media magnetik seperti disket floppy dan hard disk mempunya sejumlah keunggulan dibanding dengan media lainnya. Penyimpanan data pada media ini bersifat nonvolatile, artinya data yang telah disimpan tidak akan hilang ketika komputer dimatikan. Data pada media ini dapat dibaca, dihapus dan ditulis ulang. Keunggulan lainnya ialah, media ini mudah digunakan. Selain memiliki keunggulan, media ini juga mempunyai kelemahan.

Musuh utama dari media magnetik seperti disket floppy dan hard disk ialah jamur dan karat. Karena jamur dan karat ini, maka daya tahan atau umur media ini menjadi pendek. Jika dipakai secara kontinu atau terus menerus sekitar 8 jam per hari, maka umur suatu disket floppy paling lama 1 (satu) tahun, dan umur hard disk paling lama 3 (tiga) tahun. Kelemahan lain dari media magnetik ini ialah bentuknya yang bergaris-garis (track, sector), sehingga kecepatan dan kapasitas simpannya termasuk rendah jika dibanding dengan media optik.




Optical Disk

Optical disk tidak menggunakan bahan yang bersifat magneti sama sekali. Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. contohnya dar optical disk ini adalah CD-RW dan DVD-RW. teknologi optical disk ini dibagi menjadi dua yaitu:

  • Phase-change disk. disk ini dilapisi oleh bahan yang dapat mengkristal(beku) menjadi crystalline(serpihan-serpihan kristal) atau menjadi amorphous state(bagian yang tak berbentuk). Bagian crytalline ini lebih transparan, karenanya tembakan laser yang mengenainya akan lebih terang melintasi bahan dan memantul dari lapisan pemantul. Drive Phase-change disk ini menggunakan sinar laser dengan kekuatan yang berbeda. sinar laser dengan kekuatan tinggi digunakan melelehkan disknya kedalam amorphous state, sehingga dapat digunakan untuk menulis data lagi. sinar laser dengan kekuatan sedang dipakai untuk menghapus data denga cara melelehkan permukaan disknya dan membekukannya kembali ke dalam keadaan crytalline, sedangakan sinar laser dengan kekuatan lemah digunakan untuk membaca data yang telah disimpan.
  • Dye-Polimer disk. Dye-polimer merekam data dengan membuat bump(gelombang) disk dilapisi dengan bahan yang dapat menyerap sinar laser. sinar laser ini membakar spot hingga spot ini memuai dan membentuk bump(gelombang). bump ini dapat dihilangakan atau didatarkan kembali dengan cara dipanasi lagi dengan sinar laser.

Perkembangan Optical Disk :

  • CD
  • DVD
  • Blue-Ray Disk
  • Holographic Versatile Disk


Keunggulan dan Kelemahan Optical Disk :

Media optical disk seperti DVD memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan harddisk. Harga untuk satu DVD-R lebih murah dibanding harga satu harddisk. Tapi optical disk juga memiliki kelemahan, apabila bagian bawah dari DVD tersebut tergores maka data yang adapada DVD tersebut tidak akan terbaca. Selain itu kelemahan lainnya adalah tidak semua DVD atau CD dapat ditulis ulang hanya yang terdapat kode RW yang dapat ditulis ulang.


Read More
Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home