Desain Pemodelan Grafis adalah matakuliah softskill yang saya dapat pada semester ini. Pada matakuliah tersebut, berisi tentang materi pemodelan grafis mulai dari apa itu grafis, apa itu bitmap, apa itu vector, sampai dengan penerapan pemodelan grafis dalam teknologi. Pada postingan kali ini saya akan merangkum semua materi yang pernah saya posting sebelumnya.

Pada postingan awal saya tentang materi Desain Pemodelan Grafis, adalah tentang Grafis, Bitmap, dan Vektor. Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual baik berupa gambar atau tulisan untuk menyampaikan suatu informasi. Pada saat ini sudah terdapat banyak software pengolahan grafis diantaranya Adobe Photoshop, Corel Draw, GIMP, PhotoScape, dan masih banyak lagi. Pada semua software itu menggunakan beberapa format penyimpanan gambar diantaranya adalah bitmap dan vector. Bitmap adalah suatu format penyimpanan gambar yang mengandalkan pixel, semakin besar pixelnya maka semakin bagus kualitas gambarnya. Sedangkan vector adalah suatu format penyimpanan gambar yang berasal dari perhitungan matematis, pada vector jika kita akan melakukan pembesaran gambar maka kualitas dari gambar tersebut tidak akan pecah berbeda dengan bitmap.

Pada postingan selanjutnya adalah tentang penggunaan teknologi dalam budaya dan penggunaan grafis pada teknologi. Pada saat zaman yang serba modern ini kita dapat menggunakan teknologi dalam budaya. Contohnya kita tidak harus mudik saat lebaran, karena kita dapat melakukan sms, telepon, dan video call. Dalam teknologi kita memerlukan grafis sebagai informasi penggunaan suatu teknologi. Misalnya symbol tempat sampah atau recycle bin pada icon computer digunakan untuk menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan, symbol 3 buah computer yang saling terhubung adalah symbol Ethernet, dan sebagainya.

Pada postingan selanjutnya adalah tentang pembuatan objek pada Blender dan Etoys. Blender adalah software yang digunakan untuk memodelkan objek 3 dimensi. Blender adalah suatu software opensource. Dengan blender kita dapat membuat animasi 3 dimensi. Dan Etoys adalah suatu software yang digunakan untuk membuat animasi 2 dimensi. Pada etoys penggunaannya sangat mudah sehingga tidak perlu memerlukan script-script terntentu untuk membuatnya hanya tinggal mengklik-mengklik dan mengatur parameternya.

Jadi desain pemodelan grafis itu adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bentuk-bentuk grafis yang ada, penerapan grafis dalam kehidupan sehari-hari, dan pembuatan objek grafis. Demikianlah rangkuman singkat dari postingan saya yang telah saya posting sebelumnya pada materi Desain Pemodelan Grafis.

Read More
Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home