Tips dalam melakukan Transaksi Online

No Comments


Dunia internet saat ini memberikan kemudahan untuk Anda dalam mencari barang atau kebutuhan lain yang Anda cari. Ribuan situs yang menawarkan barang dan jasa bermunculan seiring dengan perkembangan dunia internet. Anda dapat melakukan transaksi cukup duduk didepan komputer Anda, satu minggu atau dua minggu berikutnya barang atau produk yang Anda beli telah sampai di rumah Anda. Mudah bukan? Tetapi dengan kemudahan tersebut jangan sampai Anda terlena, karena bisa saja Anda tertipu. Untuk melakukan transaksi online yang aman dan nyaman, berikut tip dan trik belanja online dibawah ini:

  1. Lakukan transaksi di situs yang terbukti keamanannya. Situs bisa disebut aman jika memakai teknologi enskripsi untuk mentransfer informasi dari komputer pengguna ke komputer penjual. Dengan enskripsi, informasi penting seperti nomor kartu kredit bisa diamankan dengan kode tertentu untuk mencegah pencurian. Indikasi situs yang aman salah satunya adalah Anda harus melihat 'https:/" dialamat situs. Adanya 's' di sini berarti situs tersebut bisa dikategorikan cukup aman. Biasanya, tanda 's' ini tak akan muncul sampai Anda mengakses halaman order barang dalam situs.
  2. Selidiki reputasi situs. Situs e-commerce terpercaya setidaknya menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pelayanan konsumen atau untuk memesan barang. Cari tahu juga bagaimana reputasi perusahaan dalam melayani konsumennya, misalnya dengan mencari informasinya lewat Google. Jika kebetulan Anda baru pertama kali membeli lewat situs, pesan barang yang murah terlebih dahulu untuk mengamati apakah situs tersebut bisa dipercaya. Atau anda dapat memeriksa peringakat situs tersebut melalui Alexa.
  3. Selidiki si penjual. Jika anda berada pada sebuah situs komunitas jual beli seperti kaskus.us, tokobagus.com, dll perhatikan reputasi si penjual, tahun join ke situs komunitas tersebut, dan testimonial si penjual dari pembeli. Setiap toko online dan penjual dunia maya selalu menyertakan nama,ID(bila di situs komunitas), nomor handphone dan alamat toko atau rumah bila personal, serta kontak chat (YM, Skype, MSN, dll). Ini menjamin bahwa penjual bisa dihubungi setiap saat. Selain itu coba cari informasi tersebut lewat Google, cek apakah penjual tersebut punya toko di tempat lain, dan kadang malah kita menemukan referensi dari situs lain tentang penjual tersebut. Dan lihat Bank untuk pembayaran serta jenis perusahaan Cargo yang dia gunakan.
  4. Cari cara transaksi teraman. Biasanya para penjual di dunia maya melakukan transaksi dengan cara COD dan “transfer dan kirim”. COD adalah transaksi dimana akan melakukan pembayaran pada saat barang diantarkan kepada anda. Menurut saya ini adalah cara transaksi yang paling aman karena antara penjual dan pembeli akan langsung bertatap muka, sehingga jika ada suatu hal yang ingin ditanyakan dapat langsung. Yang kedua adalah dengan cara “transfer dan kirim”, pada cara ini anda akan mentransfer sejumlah uang kepada si penjual, jika si penjual telah menerima uang anda maka penjual akan mengirimkan barang yang anda pesan melalui layanan paket seperti JNE, Tiki,dll. Biasanya cara ini yang paling rawan tindak kejahatan, karena anda harus mentransfer uang dulu sebelum barang.
  5. Simpan bukti transfer anda. Untuk menjadi bukti bahwa Anda telah mentransfer uang.
  6. Perbanyak komunikasi dengan penjual. Sebelum melakukan pesanan, coba kontak dulu penjual secara personal, baik chat, SMS atau Telepon. Lihat respon penjual, ini juga bisa menilai apakah info kontak yang dipasang palsu atau tidak. Dan ingat untuk minta nomor resi pengiriman bila barang sudah dipesan, dibayar dan dikirim. Biasanya menggunakan Tiki dan JNE, degan nomor resi ini barang yang dikirim bisa dilacak keberadaannya. Hati-hati dengan penjual yang tidak mau memberikan nomor resi barang yang diirim.
Tips diatas adalah hasil googling dan hasil pengalaman saya ketika melakukan transaksi online. Selama beberapa kali melakukan belanja online saya belum pernah mengalami kejadian yang merugikan, intinya pada saat melakukan belanja online anda harus memperhatikan reputasi si penjual. Semoga tips tersebut dapat membantu anda yang akan bertransaksi online.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment