Pada postingan sebelumnya saya membahas tentang latar belakang dibuatnya game engine, tujuan game engine, dan contoh dari game engine, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang komponen apa saja yang terdapat pada game engine tersebut.
Rendering
Pada sebuah game engine terdapat
engine core/tempat untuk rendering yang terdiri dari beberapa sub yaitu
visibility, collision detection and respone, camera, static geometry, dynamic
geometry, particle system, billboarding, meshes, skybox, lightning, fogging,
dan vertex shading.
Console
Console adalah komponen lain yang ada
pada game engine. Dengan console kita dapat mengubah setting game engine tanpa
perlu melakukan restart. Console sendiri lebih sering digunakan dalam proses
debugging. Apabila game engine tersebut mengalami error kita tinggal mencari
errornya melalui error message.
Tool/Data
Dalam game engine, dibutuhkan data
yang tidak semudah menuliskan text files. . Dalam pengembangan game, paling
tidak dibutuhkan beberapa tools seperti 3d model editor, level editor dan
graphics programs. Bahkan jika diperlukan, seringkali kita mengembangkan game
engine tersebut dengan menambahkan beberapa code dan fitur yang diperlukan.
System
System adalah adalah komponen dari
game engine yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan hardware yang
berada didalam mesin. Jika game engine sudah dibuat dengan baik maka system ini
adalah satu-satunya bagian yang membutuhkan perubahan cukup banyak apabila
dilakukan implementasi pada platform yang berbeda. Di dalam system sendiri
terdapat beberapa sub system yaitu graphics, input, sound, timer,
configuration. System sendiri bertanggung jawab untuk melakukan inisialisasi,
update dan mematikan sub system yang terdapat di dalamnya.
Contoh Game Engine dan Penjelasan :
RAGE ENGINE
Seri GTA Menggunakan engine ini.
Tetapi pada seri sebelumnya para developer tidak menggunakan engine dari
Rockstar sendiri, tetapi menggunakan Renderware Engine milik Criterion. Namun
semenjak dunia gaming memasuki era next-gen, developer Rockstar San Diego
akhirnya menciptakan RAGE (Rockstar Advanced Game Engine) Engine, dan
menggunakan game engine ini dalam produk-produk game next-gen mereka hingga
saat ini.
RAGE Engine mempunyai banyak
kelebihan, salah satunya adalah kemampuan menciptakan dunia open world yang
kompleks, penuh detail, dan terintegrasi penuh dengan dukungan seperti A.I
script, weather effects, dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada GTA IV.
Engine ini juga mendukung kemampuan middleware seperti fitur “dynamic-motion”
dan “bullet physics”.
CryENGINE
Hampir seluruh kalangan PC gamer
mengenal developer jerman bernama Crytek yang menciptakan CryEngine ini. Sejak
pertama kali mereka menciptakan Far Cry, produk ini langsung mendominasi dunia
PC gaming sebagai salah satu game dengan kualitas visual grafik paling memukau.
Hanya dalam selang waktu tiga tahun lamanya, Crytek membuat CryEngine 2 dan
menggunakan game engine ini pada Crysis. Hasilnya mereka berhasil menciptakan
sebuah game next-gen yang mempunyai visual grafik paling top dan paling
realistik yang pernah muncul di dunia PC game. Crytek juga akan membuat
CryEngine 3 yang untuk pertama kalinya akan mendukung versi konsol seperti Xbox
360 dan PS3.
NAUGHTY DOG GAME ENGINE
Meski game engine ini di buat untuk
PS3, namun game engine ini langsung menjadi sebuah fenomena ketika pertama kali
di tampilkan di even E3 2009 lalu. Sebagai pendatang baru, Naughty Dog Game
Engine mampu menampilkan animasi visual yang menawan, karakter model yang
mendetail, dan efek suara serta pencahayaan yang luar biasa memukau banyak
orang. Game engine ini mampu menampilkan berbagai macam dynamic object
sekaligus, dan lebih hebatnya lagi setiap objek mempunyai perhitungan physics
tersendiri.
THE DEAD ENGINE
Ketika Dead Space pertama kali di
rilis oleh Electronic Arts, game ini langsung mampu memikat banyak kalangan
gamer dengan visual grafik dan gameplaynya yang menarik. Sebenarnya yang
menamai “The Dead Engine” berasal daru kalangan media dan Fans. Game engine ini
awalnya diciptakan developer untuk membuat The Godfather pada tahun 2006.
Mereka merombak total game engine tersebut dan menciptakan The Dead Engine ini.
Fitur utama engine ini adalah kemampuan untuk menciptakan efek-efek visual dan
suara sedemikian rupa hingga mampu menciptakan game yang menarik.
UNREAL ENGINE
Unreal Engine dapat di katakan sebagai
salah satu game engine yang paling sering di gunakan dalam generasi sekarang
ini. Terutama setelah munculnya Unreal Engine 3, sudah beberapa game yang
menggunakan engine ini. Unreal Engine 3 menjadi pilihan yang paling diminati
karena kemudahan fitur multiformat-nya. Hingga saat ini engine ini masih di
kembangakan oleh developer Epic Games. Unreal engine menjadi solusi game engine
yang paling mudah unuk generasi next-gen sekarang ini. Epic Games sedang
mengerjakan Unreal Engine 4 yang akan muncul pada tahun 2012.
AVALANCHE ENGINE
Developer Avalanche melakukan
perubahan besar-besaran dalam membuat game engine Avalanche 2.0 yang digunakan
untuk project game Just Cause 2. Hasilnya mereka berhasil menciptakan sebuah
game engine yang tidak hanya menampilkan grafik yang menawan, tetapi juga dapat
memadukan berbagai macam mekanisme gameplay secara bersamaan. Mulai dari adegan
pertarungan, efek ledakan cuaca physics, sampai dengan A.I Scrypt yang pintar.
Game engine ini terkenal sebagai salah satu game engine yang mampu menciptakan
sebuah dunia open world yang sangat luas, tidak kalah dengan engine serupa
lainnya.
INFINITY WARD ENGINE
Seri Call of Duty menjadi produk
terbesar yang pernah di ciptakan oleh developer Infinity Ward. Meskipun pada
awalnya Call of Duty berjalan dala engine id Tech 3, namun sejak seri Call of
Duty 2, Infinity Ward menciptakan game engine sendiri yang akhirnya di pakai
untuk produk Call of Duty mereka sampai sekarang ini. Berita terakhir dari
infinity ward mengatakan bahwa Modern Warfare 2 yang akan rilis menjelang akhir
tahun 2009 nanti dan menggunakan Infinity Ward Engine 4.0. Gamer yang pernah
bermain Call of Duty tentunya sudah langsung tahu seperti apakah kualitas engine
ini. Dengan animasi dan visual efek yang menawan, Infinity Ward Engine menjadi
salah satu game engine terbaik untuk generasi sekarang ini.
ANVIL ENGINE
Assasin Creed menjadi salah satu game
yang langsung populer ketika debut pertama kalinya di perkenalkan pada tahun
2007 yang lalu. Anvil Engine yang sebelumnya bernama Scimintar 2.0 Engine,
adalah sebuah game engine yang mampu melakukan proses interaksi antara animasi
model dengan lingkungan sekitarnya secara real-time dengan sempurna. Anvil
Engine juga mampu memproses A.I Script dalam jumlah banyak yang berada di
sebuah ruang lingkup dunia open world. Developer Ubisoft Montreal berusaha
untuk meningkatkan lagi kualitas grafik engine ini untuk projek Assasin Creed 2
yang akan datang.
EGO ENGINE
Ego Engine sebelumnya bernama Neon
Engine. Game engine ini terbukti berhasil menjadikan seri Colin McRally sebagai
salah satu game racing terbaik yang pernah di buat. Sebagai sebuah racing game,
Ego Engine mampu memberikan simulasi racing yang sempurna, dan mampu
menampilkan visual detail berbagai macam jenis kendaraan yang berbeda secara
bersamaan. Tidak hanya itu, Ego Engine juga mempu menciptakan pemandangan yang
menawan dan sangat mendetail.
GEO-MOD ENGINE
Ketika Digital Illusion memperkenalkan
efek “dynamic destruction” dalam Battlefield Bad Company, banyak kalangan gamer
terkesan dengannya. Dan kalangan gamer juga dibuat terkesan ketika game Star
Wars : The Force Unleashed memakainya. Namun akhirnya developer Volition lah
yang benar-benar memperlihatkan sebuah “dynamic destruction” sesungguhnya
dengan Geo-Mod Engine mereka dalam Red Faction : Guerrilla. Tidak hanya sekedar
penghancuran saja, Geo-Mod Engine juga mampu melakukan simulasi interaksi antar
bangunan yang hancur dengan lingkunagn sekitarnya, termasuk juga respon A.I
terhadap objek yang hancur tersebut.
Referensi :
Play in the Merkur Casino - YM26 Esports
ReplyDeletePlay in the Merkur Casino. Merkur Casino, an online casino deccasino and sports betting หาเงินออนไลน์ platform that has a 메리트카지노 unique gaming platform that is powered