Catur sebuah game atau bukan ?

No Comments

Pada postingan kali ini saya akan melanjutkan tema tentang game, tapi lebih khusus ke catur. Kita pasti mengetahui catur, ya catur adalah sebuah game yang menggunakan papan 8x8 yang memiliki bidak-bidak. Bidak yang terdapat pada catur adalah pawn, rook, knight, bishop, queen, dan king. Setiap bidak memiliki cara jalan yang berbeda-beda.

Permainan catur pertama kali muncul di India, dengan nama Shaturanga pada abad 16. Permainan ini dimainkan oleh 4 orang dengan menggunakan dadu. Pada perkembangannya pemain shaturanga diubah menjadi 2 orang dan nama shaturanga berubah menjadi shtranj. Kembali ke catur yang sekarang biasa kita mainkan, tujuan utama dari permainan ini adalah untuk memerangkap bidak raja milik lawan.

Pada postingan sebelumnya yang membahas tentang pengertian game, dimana game adalah suatu aktivitas yang dilakukan baik sendiri atau lebih dari satu orang yang mengikuti aturan tertentu dan memiliki hasil akhir yang dituju. Melihat dari pengertian game ini, dapat disimpulkan bahwa catur adalah sebuah game, dimana genre dari game ini adalah boardgame yang menggunakan logic untuk memainkannya dan tujuan dari permainan ini adalah untuk memerangkap raja milik lawan.

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment