Membuat Android dengan Blender

No Comments
Android adalah sebuah system operasi untuk smartphone dan tablet yang berbasis linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk memnciptakan aplikasi mereka sendiri. Untuk mengembangkan android , dibentuklah Open Handset Allience, konsorsium dari 34 perusahaan piranti keras, piranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Sekarang versi dari os android telah mencapai versi Ice Cream Sandwich.

Untuk membuat ini kita hanya akan menggunakan cylinder dan uv sphere. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

1. Buka Blender terlebih dahulu, kemudian hapus kubus.

2. Buat objek UV Sphere dengan klik Add, lalu pilih Mesh, kemudian pilih UV Sphere.

3. Pada bagian pertama kita akan membuat kepala terlebih dahulu, klik objek UV Sphere kemudian tekan Tab untuk ke Edit Mode.


4. Tekan A untuk menghilangkan warna oranye dari UV Sphere, setelah hilang tekan B untuk menseleksi bagian yang akan di hapus.


5. Setelah setengah bagian terseleksi maka kita akan menghapusnya dengan menekan X kemudian pilih Edge.



6. Setelah terhapus, kita akan meng-extrude UV Sphere tersebut sehingga akan seperti kepala dari android. Caranya kita seleksi terlebih dahulu bagian terbawahnya kemudian tekan E dan tekan scroll mouse lalu sesuaikan dengan arah Z geser sedikit sesuai dengan keinginan. Maka telah jadi kepala android.


7. Selanjutnya adalah badan android, untuk membuat badan android kita tinggal membuat objek cylinder. Yaitu dengan klik Add, lalu pilih Mesh, kemudian pilih Cylinder.

8. Membuat tangan android, caranya hamper sama dengan membuat kepala. Tapi kita tidak akan memotong bagian bawah dari UV Spherenya. Siapkan UV Sphere.

9. Pada UV Sphere baru seleksi setengah bagiannya. Tekan E kemudian tahan Srcoll Mouse pilih arah Z kemudian geser ke bawah sesuai keinginan. Maka jadilah tangan dari android.


10. Untuk membuat tangan satunya tinggal Duplicate tangan yang telah ada dengan cara Shift + D pada tangan yang sebelumnya.

11. Untuk membuat kaki, kita tinggal menduplicate tangan lalu kita scale disesuai dengan gambar badan android.

12. Setelah kepala, tangan , badan, dan kaki telah dibuat selanjutnya adalah membuat mata. Membuat mata kita hanya tinggal menggunakan UV Sphere.

13. Membuat antenna android, duplicate tangan android kemudian tinggal di-scale disesuaikan dengan ukuran kepala.

14. Selanjutnya adalah pewarnaan, kita akan menggunakan material. Caranya klik objek kemudian pada bagian kanan monitor klik Material, pada bagian Difusse pilih warna hijau sesuai dengan warna android.

15. Untuk membuat efek Smooth, kita klik objek kemudian pada bagian kiri monitor di Shading klik Smooth. Maka gambar akan terlihat lebih halus.

Hasil setelah di render :



Referensi : http://greenbel.wordpress.com/2011/11/23/blende-android/

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment