Etoy adalah sebuah software yang dirancang untuk anak-anak. Etoy ini merupakan sebuah bahasa pemrograman prototype yang berorientasi objek. Pembangunan etoy terinspirasi dan dirancang oleh Alan Kay dalam sebuah karyanya yang bertujuan untuk memajukan dan mendukung pembelajaran konstruksionis.
Pengaruh lain yang membantu dalam pembangunan etoy ini adalah Seymour Papert dengan bahasa pemrograman Logo, Dialek Lisp yang dioptimalkan untuk penggunaan pendidikan dan kerja yang dilakukan di Xerox Palo Alto Research Center, PARC, Smalltalk, HyperCard, dan StarLogo . Promosi dan pengembangan untuk versi Squeak Etoys dilakukan oleh Viewpoints Research Institute yang merupakan sebuah pendidikan AS nirlaba.
Pada kali ini saya menjelaskan tentang pembuatan objek bergerak di etoy.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
- Buka program Etoy.
- Klik Make a Project.
- Pertama-tama kita akan mebuat gambar dari objek terlebih dahulu. Klik Make a painting yang terletak diatas. Jika gambar telah siap klik Keep.
- Selanjutnya adalah membuat objek yang telah dibuat bergerak caranya adalah klik kanan pada objek tadi.
- Maka akan muncul berbagai pilihan, klik Open viewer for me. Kemudian akan muncul box baru disebelah kanan gambar.
- Pada box tersebut, klik tanda + untuk menampilkan Motion. Pada bagian motion ini kita akan mengatur bagaimana objek yang ada bergerak.
- Pada bagian Motion, drag Skecth forward by kebagian yang kosong pada window. Maka akan muncul seperti gambar ini.
- Kemudian drag juga Skecth turn by, dan sketch bounce ke box script.
- Setelah ketiga komponen telah ada pada box script, sekarang saatnya mengatur gerakannya. Skecth Forward by digunakan untuk kecepatan objek, Skecth turn by digunakan untuk membuat objek berbelok, dan Skecth bounce digunakan untuk membuat objek dapat memantul. Isikan angka/nilai pada setiap komponen.
- Untuk melihat objek yang telah berjalan, klik gambar jam pada box script.
- Hasil akhirnya adalah seperti berikut, bola akan bergerak
0 comments
Post a Comment