Rangkuman Mata Kuliah Pengantar Teknologi Game

No Comments
Mata kuliah pengantar teknologi game adalah mata kuliah yang saya dapatkan pada semster ini. Mata kuliah ini adalah mata kuliah softskill. Pada mata kuliah ini membahas tentang perkembangan dan teknologi yang ada sekarang ini. 

Postingan awal saya tentang Pengantar Teknologi Game adalah tentang "Apa itu game ?" dan "Sejarah Video game". Game adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris yang berarti permainan. Pengertian game itu sendiri adalah sebuah aktivitas yang dilakukan baik sendiri atau lebih dari satu orang yang mengikuti suatu aturan tertentu dan memiliki hasil yang dituju. Game itu sendiri tidak harus game elektronik seperti playstation, nintendo, pc, dan sebagainya. Game sudah ada sejak zaman kekaisaran romawi, game yang ada pada saat itu bersifat mind-game / game yang cara mainnya berfikir seperti tic-tac-toe. Pada perkembangan selanjutnya game telah berubah, menjadi video game. Video game memiliki sejarah yang panjang mulai dari 1972 Video game generasi pertama oleh Ted dan Nolan dengan Komputer Atari-nya sampai dengan Video game  generasi ke tujuh yaitu dengan Playsation 3, Xbox 360, dan Nintendo Wii. Jika kita mengikuti perkembangan video game dari masa ke masa maka kita akan melihat perbedaan dari setiap generasi, dan perbedaan yang paling terlihat adalah pada grafis.


Postingan kedua saya yaitu tentang, "Unsur-unsur yang Membuat Game Menarik". Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin berkembang pula game itu sendiri. Pada saat ini perusahaan pembuat game berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah game yang tidak menimbulkan efek bosan meskipun user telah lama bermain game tersebut. Contohnya game yang menurut saya tidak pernah membuat bosan yaitu Grand Thief Auto : San Andreas atau lebih dikenal GTA : San Andreas. Pada game tersebut tidak memiliki grafis yang "wah" tetapi jalan cerita dari game tersebut dapat ditentukan oleh pemain. Oooh iya sampe lupa gara-gara keasikan ngomongin GTA. Pada postingan kedua ini saya akan membahas unsur yang terdapat pada game, yaitu storyline, character, typewiter, programmer, dan coordinator. Setiap game harus mempunyai unsur-unsur diatas jika game tersebut ingin menarik. 


Pada postingan selanjutnya saya membahas tentang "Game Engine". Game engine adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan video game, sederhananyna game engine itu adalah sebuah software untuk membuat game. Pada saat ini banyak bermunculan game engine seperti Ogre, GTGE, jMonkeyEngine, Panda3D, RPG Maker, A.L.I.V.E, CRY Engine, dan masih banyak lagi. Setiap game engine ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.


Pada postingan terakhir atau keempat saya membahas tentang VR dan AR. VR (Virtual Reality) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana 3 dimensi, sehingga solah-olah pengguna terlibat secara fisik. Saat ini VR banyak dimanfaatkan untuk militer, penerbangan, kedokteran, dan konstruksi. Sedangkan AR (Augmented Reality) adalah sebuah teknologi penggabungan benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda 3D. Sederhananya AR adalah teknologi yang memunculkan benda maya pada lingkungan nyata.

Itu semua adalah rangkuman dari seluruh materi yang saya dapatkan dari mata kuliah "Pengantar Teknologi Game". Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang menarik karena berhubungan dengan game, tapi lebih menarik lagi jika mata kuliah ini dijadikan sebagai mata kuliah reguler atau bukan softskill. Sehingga dapat lebih dalam lagi membahas tentang teknologi game yang berkembang saat ini. 

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment