E-Learning adalah ....

No Comments
E-learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai system pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Berikut ini adalah pengertian e-learning menurut para ahli :
  • Jaya Kumar C. Koran, E-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
  • Dong, E-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik computer yang memperoleh bahan belajar sesuai dengan kebutuhannya.
  • Rosenberg, menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
  • Darin E. Hartley, E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau jaringan computer lain.

E-Learning dalam arti luas bias mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait. Dan e-learning secara informal, misalnya melalui sarana mailing list, e-news letter, blog pribadi, organisasi, atau perusahaan atau web yang menampilkan pengetahuan atau keterampilan tertentu kepada masyarakat luas. Contoh dari e-learning adalah website ilmukomputer.com.

Bedah website ilmukomputer.com



Pada saat pertama kita masuk ke web ini kita akan diberika 4 pilihan menu yaitu university, training, sharing, dan blogging. Jika memilih University maka halaman web akan diarahkan ke http://romisatriawahono.net/lectures/ , jika memilih training maka halaman web akan diarahkan ke http://brainmatics.com/ , jika memilih sharing maka halaman web akan diarahkan ke http://ilmukomputer.org/ , sedangkan jika memilih blogging maka halaman web akan diarahkan ke http://romisatriawahono.net/. 



Pada menu university akan ditampilkan website dari Founder IlmuKomputer.com yaitu Romi Satria Wahono, pada halaman website beliau terdapat informasi tentang materi kuliah, kegiatan, dan sebagainya. Jadi pada halaman ini berisi tentang kegiatan Romi Satria Wahono sebagai dosen.


Pada menu training akan ditampilkan kursus-kursus yang disediakan oleh IlmuKomputer.com, dan juga disertai dengan biaya dari kursus yang akan diikuti dan waktu pelaksanaan kursus. 


Pada menu sharing  akan ditampilkan halaman website ilmukomputer.org. Web ini berisi kumpulan materi-materi pembelajaran yang berhubungan dengan computer seperti jaringan, programming, dan sebagainya. Kita juga dapat mendownload materi tersebut.


Pada menu blogging akan ditampilkan web dari Romi Satria Wahono, pada halaman web ini terdapat artikel-artikel yang berhubungan dengan computer.



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment